PAMBURU MASA

Welcome and thank's. Bersama saya kita menembus dunia kegelapan untuk menuju ke dunia terang yang bersih.

Jumat, 29 April 2011

MUSIM POCONG

Katanya: Pocong adalah hatu yang berasal dari manusia yang mati, yang ketika dikubur tali pocongnya tidak dilepas. Maka dalam banyak pengalaman warga di Indonesia, si mayat akan gentayangan dalam wujud pocong untuk minta dibukakan tali pocongnya.




Penggambaran pocong bervariasi. Dikatakan, pocong memiliki wajah berwarnah hijau dengan mata yang kosong. Penggambaran lain menyatakan, pocong berwajah rata dan memiliki lubang mata berongga atau tertutup kapas dengan wajah putih pucat. Mereka yang percaya akan adanya hantu ini beranggapan, pocong merupakan bentuk protes dari si mati yang terlupa dibuka ikatan kafannya sebelum kuburnya ditutup.
Meskipun pocong dalam film sering digambarkan bergerak melompat-lompat, mitos tentang pocong malah menyatakan pocong bergerak melayang-layang. Hal ini bisa dimaklumi, sebab di film-film pemeran pocong tidak bisa menggerakkan kakinya sehingga berjalannya harus melompat-lompat. Keadaan ini pula yang menimbulkan suatu pernyataan yang biasa dipakai untuk membedakan pocong asli dan pocong palsu dimasyarakat.
Kepercayaan akan adanya hantu pocong hanya berkembang di Indonesia, terutama di Jawa dan Sumatera. Walaupun penggambarannya mengikuti tradisi muslim, umat beragama lain pun ternyata dapat mengakui eksistensi hantu ini.
Menurut kepercayaan masyarakat, hanya ada 2 cara untuk melepaskan diri bila dikejar oleh pocong. cara pertama adalah bersetubuh dengan bumi atau yang biasa disebut tiarap sedangkan cara kedua adalah jalan berkelok-kelok layaknya cacing. Kedua cara ini diyakini sangat efektif oleh masyarakat diberbagai daerah.
Pocong sering kali mewarnai cerpen atau roman bertema misteri. Dalam sinema nasional Indonesia bergenre horor, pocong bahkan sering kali dihadirkan. Beberapa bahkan menggunakannya sebagai judul.
Dalam parade ogoh-ogoh sebelum perayaan Nyepi di Bali, umpamanya, wujud pocong kerap diwujudkan, biasanya oleh kelompok masyarakat non-Hindu.

APAKAH ANDA PERCAYA AKAN INI SEMUA?

Keberhasilan setan dalam memperdaya dan membalikkan keyakinan dan kepercayaan manusia tentang hantu begitu sukses, terutama untuk jenis hantu yang satu ini. Pocong dapat dikatakan hantu yang paling populer. Hal ini terbukti dengan begitu suksesnya dan maraknya pembuatan film nasional yang bertokoh utama "POCONG" yang menghantui dan meneror para gadis seksi. Di antaranya: POCONG 1 sampai POCONG 5, SUMPAH POCONG, POCONG KAMAR SEBELAH, POCONG JALAN BLORA, 40 HARI BANGKITNYA POCONG, TALI POCONG PERAWAN, DENDAM POCONG MUPENG, SUMPAH INI POCONG, POCONG VS KUNTILANAK, SUSUK POCONG, POCONG KELILING, POCONG NGESOT, POCONG JUM'AT KLIWON, POCONG MANDI GOYANG PINGGUL, THE REAL POCONG, DLL.

HIMBAUAN. LURUSKAN PEMAHAMAN INI DENGAN DALIL!

(pamburumasa)

9 komentar:

  1. Pocong adalah salah satu trik syetan dari golongan jin untuk menyesatkan kepercayaan manusia. Jelas ini musyrik

    BalasHapus
  2. PARAH nih yang punya blog . . :P kayak nda ada topik lain selain hantu lokal, tapi ok lah, merinding juga gw bacanya walaupun gw gak percaya

    BalasHapus
  3. wkwkwk ^ postingan keren broooow goood post

    BalasHapus
  4. Keren Lah Photonya Mah ...tpp Apa ga ada Yg Lebih Serem Gan ..

    BalasHapus
  5. betul-betul...
    kunjungi afif-abdullathif.blogspot.com yah

    BalasHapus
  6. kren bgt coyyyyyy...
    hahahyyy

    BalasHapus
  7. blognya keren bos postinganya juga lumayan serem..ha..ha ditunggu ea bos knjunganya balik di ninditama.blogspot.com

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. keren
    kunjungin blog ANE JIKA MAU LIAT YANG NYATA.....

    BalasHapus