PAMBURU MASA

Welcome and thank's. Bersama saya kita menembus dunia kegelapan untuk menuju ke dunia terang yang bersih.

Senin, 08 Juli 2013

FOTO-FOTO TRAGEDI 5 JULI 2009 XINJIANG CINA





(MAWAR HITAM) - Ahad, 5 Juli 2009 di Urumqi, ibukota wilayah Xinjiang Cina Barat, ribuan minoritas warga etnis Uighur berbaris,
menuntut pemerintah karena insiden sebelumnya, yaitu perkelahian antara Cina Han dan Uighur di sebuah pabrik mainan di Shaoguan yang berakhir dengan dua kematian Uighur

Situasi protes 5 Juli menjadi sangat kejam, Uighur bentrok dengan polisi dan menyerang etnis Cina Han. Warga Urumqi terbangun keesokan harinya dan mengetahui bahwa lebih dari 1.000 orang cedera dan 156 tewas di kota mereka

Pasukan pemerintah bekerja untuk memadamkan kekerasan dan memisahkan kelompok-kelompok yang main hakim sendiri, kelompok Han yang baru terbentuk dan Uighur yang masih di jalanan

Komunikasi dimatikan, jalan-jalan ditutup, jam malam diberlakukan, ratusan ditangkap, dan ribuan tentara dikerahkan ke Urumqi.

Tanggal 7 Juli 2009, para pejabat Cina merilis rincian etnis yang tewas dalam kerusuhan untuk pertama kalinya, 137 korban adalah etnis Han, 46 adalah warga Uighur dan satu Hui. Data final akhirnya menetapkan bahwa korban tewas berjumlah 197 orang.

Foto-Foto Tragedi 5 Juli 2009 di Xinjiang:

Liu Huiling, seorang pasien Cina Han, yang terluka dalam bentrokan etnis di Rumah Sakit Rakyat di Urumqi, provinsi Xinjiang China barat, Rabu, 8 Juli, 2009. Bentrokan etnis telah melumpuhkan Urumqi selama beberapa hari terakhir, dengan massa minoritas Uighur dan Han Cina  berkeliaran di jalanan dan menyerang satu sama lain. (AP Photo / Eugene Hoshiko) 
Sebuah foto main hakim sendiri, diduga diambil pada tanggal 5 Juli 2009, dan dirilis pada tanggal 6 Juli oleh 'Uyghur American Association' yang berbasis di Washington, untuk menunjukkan adegan kerusuhan yang melibatkan Muslim Uighur dan pasukan keamanan Cina di sebuah jalan di Urumqi, ibukota Daerah Otonom Xinjiang Cina. (AFP / AFP / Getty Images / Uyghur American Association Handout)
Sebuah gambar video dari CCTV China menunjukkan orang yang terluka di Urumqi, Xinjiang, Cina pada tanggal 6 Juli 2009. (REUTERS / CCTV via Reuters TV)
Foto ini diambil pada Minggu, 5 Juli 2009, dan dirilis oleh Kantor Pers  Pemerintah Xinjiang, Selasa, 7 Juli, 2009, sebuah kendaraan terbakar terletak di jalan setelah kerusuhan di Urumqi, Cina. (AP Photo / Kantor Perss Pemerintah Xinjiang)
Foto ini dirilis oleh Xinhua News Agency China, kebakaran mobil pemadam kebakaran selama kerusuhan di Urumqi, 5 Juli, 2009. (AP Photo / Xinhua, Li Haitao)
Mayat korban terletak di tanah berdarah menyusul kerusuhan di Urumqi, gambar diambil pada tanggal 5 Juli 2009 dan dirilis Reuters pada tanggal 7 Juli 2009. (REUTERS / Pemerintah Kota Urumqi/ Handout)
Pria terluka berlumuran darah, dibantu oleh perawat setelah kerusuhan di Urumqi, Cina. (AP Photo / Kantor Pers Pemerintah Xinjiang )
Anak laki-laki berlari di samping sebuah mobil yang terbalik di luar lingkungan Uighur di Urumqi pada tanggal 8 Juli 2009. (REUTERS / Nir Elias)
Zhang Xiangying, seorang Cina Han korban kekerasan etnis, di Rumah Sakit Rakyat di Urumqi, Rabu, 8 Juli, 2009. (AP Photo / Eugene Hoshiko)
Sebuah mobil berlumuran darah, rusak selama protes, yang diderek pergi di Urumqi pada Senin, 6 Juli 2009. (AP Photo / Ng Han Guan)
Seorang wanita melihat melalui jendela yang rusak setelah kerusuhan hari Minggu di Urumqi pada tanggal 7 Juli 2009. (REUTERS / Nir Elias)
Suatu hari seorang wanita etnis Uighur terlihat keluar jendela apartemen setelah massa Cina Han  menyerang kompleks di Urumqi, Cina pada Rabu, 8 Juli 2009. (AP Photo / Ng Han Guan)
Etnis Uighur melihat pasukan keamanan Cina berdiri di pintu masuk ke lingkungan Uighur di Urumqi pada tanggal 8 Juli 2009. (REUTERS / Nir Elias)
Etnis Uighur berdiri menonton dengan tongkat di belakang hambatan di lingkungan mereka di Urumqi pada tanggal 8 Juli 2009. (REUTERS / Nir Elias)
Seorang wanita etnis Uighur membawa batang logam saat berjalan menyusuri jalan utama di kota Urumqi pada tanggal 8 Juli 2009. Etnis Urumqui warga Uighur dan Cina Han membawa batang logam dan tongkat untuk perlindungan terhadap serangan. (REUTERS / David Gray)
Seorang pria Cina Han membawa batang baja berduri ketika menggunakan ponsel untuk mengambil foto saat ia bergabung dengan segerombolan pria Cina Han menyerang properti Uighur di Urumqi pada Selasa, 7 Juli, 2009. (AP Photo / Ng Han Guan)
Kerumunan Han Cina berjalan, membawa tongkat dan senjata lainnya saat mereka berkumpul di jalan Urumqi pada tanggal 7 Juli 2009. (REUTERS / Nir Elias)
Pria Han Cina menyerang rumah Uighur meskipun gas air mata digunakan oleh polisi paramiliter Cina untuk menghentikan mereka di Urumqi pada Selasa, Juli 7 Januari 2009. (AP Photo / Ng Han Guan)
Sebuah gerombolan Han Cina melemparkan batu pada sebuah bangunan di mana beberapa orang Uighur diduga bersembunyi di Urumqi, Cina pada Selasa, Juli 7 Januari 2009. (AP Photo / Ng Han Guan)
Pasukan keamanan Cina masuk ke formasi di Lapangan Rakyat di Urumqi, Cina pada Rabu, Juli 8 Desember 2009. (AP Photo / Ng Han Guan)
Sebuah helikopter militer terbang di atas kota Urumqi pada tanggal 8 Desember 2009. (PETER TAMAN / AFP / Getty Images)
Tentara Cina dan polisi anti huru hara berdiri bersama di alun-alun di kota Urumqi pada tanggal 8 Juli 2009. (REUTERS / David Gray)
Etnis Uighur memegang tongkat dan menunggu di dekat pintu masuk ke lingkungan mereka, sementara pasukan keamanan berdiri di luar di Urumqi pada tanggal 8 Juli 2009. (REUTERS / Nir Elias)
Sebuah gambar diambil TV AFP menunjukkan massa Han Cina menyerang seorang pria Uighur Muslim sendirian di sepanjang jalan di Urumqi, Cina pada tanggal 8 Juli 2009. Massa Han Cina menyerang dua orang Uighur dalam insiden terpisah di flashpoint Urumqi kota Cina pada tanggal 8 Juli, menurut wartawan AFP, yang menjadi saksi kejadian. (Sam Beattie / AFP / Getty Images)
Polisi paramiliter Cina mempersiapkan diri untuk menghadapi pengunjuk rasa di Urumqi, Cina pada Selasa, 7 Juli  2009. (AP Photo / Ng Han Guan)
Tursun Gul, seorang wanita etnis Uighur, menghadapi  polisi paramiliter Cina di Urumqi, Cina pada Selasa, Juli 7 Januari 2009. Gul, bersama dengan kerumunan orang-orang Uighur di belakangnya, berteriak pada prajurit agar mengembalikan laki-laki mereka. Suami Gul dan empat bersaudara ditangkap sehari sebelumnya, bersama dengan lebih dari 1.400 orang lain .. (AP Photo / Ng Han Guan)
Tursun Gul berdebat dengan seorang etnis Uighur perwira paramiliter Polisi Bersenjata Rakyat Cina di depan sebuah mobil lapis baja dan tentara lainnya sebagai kerumunan penduduk setempat marah menghadapi pasukan keamanan di sebuah jalan di kota Urumqi pada tanggal 7 Juli 2009. (REUTERS / David Gray)
Polisi khusus menghadapi kerumunan warga Uighur setelah mereka menggelar aksi protes di Urumqi pada Selasa, 7 Juli 2009. (AP Photo / Ng Han Guan)
Perempuan etnis Uighur mengambil helm polisi anti huru-hara karena mereka protes di Urumqi pada tanggal 7 Juli 2009. (PETER TAMAN / AFP / Getty Images)
Seorang pria etnis Uighur membawa perisai dan tongkat saat ia berjalan di sekitar lingkungan di Urumqi pada tanggal 8 Juli 2009. (REUTERS / Nir Elias)
Sumber Foto: Boston.com


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar